PELATIHAN BUDIDAYA MAGGOT BERSAMA ASEAN YOUTH ORGANIZATION DAN DINAS LINGKUNGAN PEMALANG

PELATIHAN BUDIDAYA MAGGOT BERSAMA ASEAN YOUTH ORGANIZATION DAN DINAS LINGKUNGAN PEMALANG

24 Sep 2023 20:35:12 admin 1 Dilihat 0 Komentar

Pemalang - Asean Youth Organization bersama Dinas Lingkungan Pemalang menyelenggarakan pelatihan pembudidayaan maggot sebagai alternatif pangan ternak. Pemalang, Sabtu (23/09/2023)

Indriani dan teman - teman perwakilan dari Asean Youth dan Dinas Lingkungan Hidup Pemalang mengenalkan maggot BSF kepada peternak itik desa Sarwodadi, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang.

Maggot dapat menjadi pakan ternak yang bergizi tinggi, karena mengandung zat - zat yang dibutuhkan oleh pertumbuhan dan perkembangan ternak.

Maggot BSF mengandung nutrisi yang baik dan tinggi karena berasal dari lalat Black Soldier Fly atau BSF yang memiliki kualitas larva bagus dan memiliki protein tinggi, lemak, asam amino esensial dan mineral.

Pakan maggot ini sangatlah mudah, karena hanya perlu memberikan pakan dari limbah organik rumah tangga (limbah sayuran, buah-buahan, limbah peternakan, dan limbah pengolahan makanan).

Maggot mampu menguraikan sampah dalam waktu yang singkat, sehingga sampah organik tidak menimbun dan cepat terurai. Penguraian ini mampu mengurangi bau busuk dan menyengat dari sampah organik.

Dengan adanya penguraian oleh maggot BSF, kuantitas sampah organik dapat dikurangi bahkan limbah BSF yang berupa kotoran dapat dijadikan sebagai kompos untuk tanaman.

Oleh karena itulah, maggot ini bisa menjadi solusi dalam pengolahan limbah organik, agar tidak menumpuk dan meningkatkan kadar amoniak di tempat pembuangan akhir.

Maggot juga memiliki peluang usaha yang tinggi, mengingat pakan peternak yang semakin tinggi, maggot bisa menjadi alternatif dan disebut - sebut sbeagai pakan peternakan yang baik.